Wednesday, January 7, 2009

Doa-doa dalam sholat kita

DOA IFTITAH :

Alloohumma baa'id-bainii wabaina kho-thoo-yaaya kamaa baa'adta bainal-masy-riqi walmagh-ribi. Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antaraTimur dan Barat.

Alloohumma naq-qinii min kho-thooyaaya kamaa yung-qots-tsawbul-ab-yadhu
minad-danasi.
Ya Allah, sucikanlah aku dari kesalahan-kesalahanku, sebagaimana kain putih dibersihkan dari noda.

Alloohummagh-silnii min khothooyaaya bil-maa-i wats-tsalij walbarod.
Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, dengan salju dan embun.

(Bukhori, Muslim dan Ibnu Abi Syaibah)


AL-FATIHAH

1.Bismillāhi r-rahmāni r-rahīm
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

2. Al-hamdu li-llāhi rabbi l-ʿālamīn
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

3. Ar-rahmāni r-rahīm
Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

4. Māliki yawmi d-dīn
Yang menguasai hari pembalasan

5. Iyyāka naʿbudu wa iyyāka nastaʿīn
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

6. Ihdinās ṣirāṭ al-mustaqīm
Tunjukilah kami jalan yang lurus

7. Ṣirāṭ al-laḏīna anʿamta ʿalayhim ġayril maġdūbi ʿalayhim walā ḍ-ḍāllīn.
jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka; bukan mereka yang dimurkai dan bukan mereka yang sesat


DOA RUKU
Sub-haanakalloohumma wabihamdika alloohummagh-firlii
Maha Suci Engkau ya Allah, dan Aku memujiMU, Ya Allah ampunilah aku.
(Bukhori dan Muslim)

atau...

Subhaana robbiyal'azhiimi wabihamdih. (3x).
Maha Suci Robbku Yang Maha Agung, dan aku memujiNYA.
(Abu Dawud, Daroqutni, Ahmad Thobroni dan Baihaqi --->sahih)


DOA I'TIDAL
Sami'allahuliman khamidah
"Allah telah mendengar orang-orang yang memujinya".

DOA SUJUD
Sub-haanakalloohumma wabihamdika alloohummagh-firlii
Maha Suci Engkau ya Allah, dan Aku memujiMU, Ya Allah ampunilah aku.
(Bukhori dan Muslim)

Subhaana robbiyal-a'laa wabihamdih 3x.
Maha Sci Robbku Yang Maha Tinggi/Luhur dan aku memujiNYA. 3x
(Abu Dawud, Daruquthni, Ahmad, Thobroni dan Baihaqi).

DOA DUDUK ANTARA 2 SUJUD
Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘anii
Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku dan cukupkanlah segala kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku.

DOA TAHIYAT AWAL

Segala penghormatan hanya milik Allah, juga segala pengagungan dan kebaikan.
Semoga kesejahteraan terlimpahkan kepadamu, wahai Nabi, begitu juga rahmat dan berkahNya. Kesejahteraan semoga terlimpahkan kepada kita dan hamba-hamba Allah yang shalih.
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang hak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya

DOA TAHIYAT AKHIR
…sebagaimana Engkau telah limpahkan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan juga kepada keluarga Nabi Ibrahim, dan berkatilah Ya Allah Nabi Muhammad dan berkatilah juga keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberkati Nabi Ibrahim dan juga kepada keluarga Nabi Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.


Semoga sholat2 kita bukan ritual belaka....tapi kita benar2 bisa memaknainya...
(ternyata arti doa2 dalam sholat indah banget....semoga dengan mengerti artinya, kita dapat memaknainya....dan sholat2 kita menjaga kita dari perbuatan keji & munkar, amiin... :p )

terinspirasi dr komen Melur di blog Novel, jd teringatkan untuk memahami lagi...
Thanks Yuy :p


3 comments:

Menoedh said...

Whew...suka lupa, dulu gue ngafalin semua arti doa sholat waktu sekolah dan sekarang ilang gitu aja..hiks, hiks..

setuju, sholat bukan cuma ritual nungging dan nyanyi. Kalau kita ngerti apa yang kita ucapkan, that'll be perfect. Karena bacaan sholat emang indah.

Salam kenal! Thanks for reminding...

Metamorphosophia said...

Hai, salam kenal juga :p

gw juga kmrn tergugah buat memahami terinspirasi dr temen gw , alhmd klo bisa saling mengingatkan :p

mengingat sholat gw masih jauh dr khusyuk....sampe ada becandaan : sholat gw bukan kilat khusus lagi, tp Fedex (saking cepetnya, krn cuma menggumamkan bacaan yg udah hapal di luar kepala :p )

Semoga sholat kita membaik dr waktu ke waktu, Amiin........

zed said...

assalamu alaiku wrb.
alhamdulilah.
Bangga sX mlihat blog ank bangsa yg sperti ini.
Smoga mkin bxk yg mngikuti jejak pmilik blog ini.
Amin.
Tolong di tingkatkan trus kreatifitasx.
Trima kasih
wassalamu alaikum wrb.X mlihat blog ank bangsa yg sperti ini.
Smoga mkin bxk yg mngikuti jejak pmilik blog ini.
Amin.
Tolong di tingkatkan trus kreatifitasx.
Trima kasih
wassalamu alaikum wrb.