Wednesday, August 26, 2009

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani

Siapa Syaikh Albani?
Nama lengkapnya Muhammad Nashiruddin Al-Albani محمد ناصر الدين الألباني
Seorang ulama abad ini (1914-1999), pakar hadits, penulis & da'i yang sabar dalam menyebarkan ilmu dan berdakwah mengajak manusia kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah.

Karya dan jasa-jasanya cukup banyak dan sangat membantu umat Islam terutama dalam menghidupkan kembali ilmu hadits. Ia berjasa memurnikan ajaran Islam dari hadits-hadits lemah dan palsu serta meneliti derajat hadits.

Lahir di kota Ashqodar (Skhodra) , ibukota Albania. Karena beberapa hal, keluarganya pindah ke Damaskus. Syaikh Al Albani mulai mendalami ilmu bahasa Arab dari usia yang terbilang belia. Pendidikan awal Al Albani di sekolah dasar Jam’iyyah Al Is’af Al Khairiyah. Selanjutnya, ia menimba ilmu secara privat dari para Syeikh di Damaskus. Ia juga belajar menghafal Al Qur’an dari ayahnya hingga khatam. Setelah itu, ia menjadi pengagum karya-karya fiqih mazhab Imam Hanafi ( tapi dia tidak taklid buta/fanatik terhadap mazhab tertentu, seperti yang dia tuliskan di bukunya : Sifat Sholat Nabi, dalam buku itu menyantumkan perkataan para Imam yang 4 (Hanafi, Maliki, Syafi'i & Ahmad bin Hambal), yaitu tidak bolehnya fanatik terhadap mereka (para Imam) , tapi kembalilah selalu pada sunnah & hadits Rasulullah ).

Setelah lulus dari salah satu universitas terkemuka di Arab Saudi. Syaikh Al Albani kemudian mengajar di Jami’ah Islamiyah (Universitas Islam Madinah) selama tiga tahun, dari tahun 1381-1383 H, dengan spesifikasi pada ilmu hadits. Setelah itu, ia pindah ke Yordania.

Pada tahun 1388 H, Departemen Pendidikan meminta Syeikh Al Albani menjadi ketua jurusan Dirasah Islamiyah pada Fakultas Pasca Sarjana di sebuah perguruan tinggi di Yordania. Tapi, situasi politik ketika itu tak memungkinkan memenuhi permintaan itu. Pada tahun 1395 H hingga 1398 H, ia kembali ke Madinah untuk bertugas sebagai anggota Majelis Tinggi Jam’iyah Islamiyah di sana. Ia mendapat penghargaan tertinggi dari kerajaan Arab Saudi berupa King Faisal Foundation tanggal 14 Dzulkaidah 1419 H (1999 M).

Beberapa karya Syeikh Al Albani di bidang ilmu hadist yang berjumlah 218 judul telah dicetak. Berikut ini beberapa master piece karya Syeikh Al Albani yang ditulis selama kurang lebih 60 tahun yang meliputi tulisan ilmiah, tahqiq, dan takhrij :
Karya2nya :

1. Silisilah al-Ahadits ash Shahihah (silsilah hadits shahih)
2. Silisilah al-Ahadits adh-Dha`ifah wal Maudhu`ah (silsilah hadits dha'if/lemah & maudhu/palsu)
3. Sifatu Shalati An-Nabiyy (Sifat Sholat Nabi)
4. Jilbaab Al-Mar’atul Muslimah (Jilbab Wanita Muslimah)
5. At-Targhib wa't-Tarhib
6. At-Tasfiyyah wa't-Tarbiyya
7. At-Tawsulu: Anwau'hu wa Ahkamuhu
8. Irwa al-Ghalil
9. Talkhis Ahkam al-Janaez
10. Sahih wa Da'if Sunan Abu Dawood
11. Sahih wa Da'if Sunan at-Tirmidhi
12. Sahih wa Da'if Sunan ibn Majah
13. al-Aqidah at-Tahawiyyah Sharh wa T`aliq


Beberapa karya beliau telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu, beliau juga memiliki kaset hasil rekaman ceramah beliau, bantahan terhadap berbagai syubhat dan jawaban terhadap berbagai masalah yang bermanfaat.


sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Nasiruddin_al-Albani
http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Nashiruddin_Al-Albani
http://moslemsunnah.wordpress.com/2009/08/12/foto-dokumenter-syaikh-al-albani/
http://media-silaturahim.blogspot.com/2009/07/potret-kehidupan-syaikh-al-albani.html
http://opi.110mb.com/haditsweb/sejarah/sejarah_singkat_syeikh_albani.htm
http://cahayamuslim.site90.com/?page_id=3

No comments: