Tuesday, February 10, 2009

Hadits of the day_Membaca, Mempelajari & Mengamalkan Al-Qur'an

“Orang yang terbaik diantara kalian adalah yang belajar al-qur’an dan mengajarkannya.”
(HR. Bukhari)

“Sesungguhnya orang yang di dalam dirinya tidak ada al-Qur’an adalah bagaikan rumah kosong.”
(HR. Tirmidzi)

“Perumpaan seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Al-Atrujah (lemon) : aromanya wangi dan rasanya enak.
Perumpamaan seorang mu`min yang tidak membaca Al-Qur`an adalah seperti buah tamr (kurma) : tidak ada aromanya namun rasanya manis.
Perumpamaan seorang munafiq namun ia rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Raihanah (daun kemangi) : aromanya wangi namun rasanya pahit.
Sedangkan perumpaan seorang munafiq yang tidak rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Hanzhalah (labu yang pahit) : tidak memiliki aroma dan rasanya pun pahit.”
(HR. Bukhari & Muslim )

“Pelajarilah oleh kalian al-Qur’an dan bacalah. Sesungguhnya perumpamaan bagi orang yang mempelajari dan membaca al-Qur’an adalah seperti suatu wadah yang diisi minyak kesturi, wanginya menyebar ke setiap tempat. Sementara orang yang menghafalnya lalu ia tidur (maksudnya, lalai sehingga tidak pernah membacanya), sedang al-Qur’an itu masih ada dalam dirinya, maka perumpamaannya adalah seperti kantong yang tercelup kesturi.”
(HR. Tirmidzi)

“Bacalah al-Qur’an, karena sesungguhnya ia pada hari kiamat nanti akan datang kepada orang - orang yang membacanya untuk menolong mereka.”
(HR. Muslim)

No comments: