Wednesday, July 8, 2009

Verse of the day_Menaati Allah DAN Rasul-NYA

Zaman sekolah, dulu diajarkan pada kita sumber hukum dalam Islam ada 2, yaitu :
1. Al-Qur'an
2. As-Sunnah
ada penomorannya....hierarki...
apakah memang demikian?
Klo mau mengkaji ayat2 Al-Qur'an....Allah telah berfirman agar kita senantiasa menaati-NYA dan Rasul-NYA...
kata "dan"nya itu...berarti Al-Qur'an & as-Sunnah tidak dapat berdiri sendiri2....jadi ke-2nya tak dpt dipisahkan (kita ngga bisa memilih untuk hanya mengikuti Al-Qur'an saja atau Sunnah saja, ke-2nya saling terkait).

Al-Qur'an banyak memuat hal2 yang bersifat umum (misal perintah shalat, zakat, puasa, dll).
Dari sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wassalam-lah kita tau tata-caranya.

Beberapa ayat2 di bawah ini yang menyatakan untuk menaati Allah & Rasul :

Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan Ulil Amri (pemimpin) di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
( QS. an-Nisa' (4) : 59 )

Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah mendinding antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.
( QS. al-Anfal (8) : 24 )

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
( QS. al-Ahzab (33) : 21 )

No comments: