Sunday, February 13, 2011

Allah, tunggu ya aku lagi sibuk

Allah, aku sudah dengar suara adzan dari mushola
katanya adzan itu adalah panggilan agar kita melakukan sholat
aku tahu ini waktunya sholat Ashar...
waktunya memenuhi panggilan-MU...

Allah, Engkau Maha Mengetahui & Maha Melihat...
Engkau tahu kan kalau aku sedang asyik-asyiknya bermain...
Engkau tahu... aku lagi senang-senangnya... lagi kumpul sama teman-teman,permainan kita lagi seru-serunya ...
tunggu ya... aku penuhi panggilan-MU kalau kita sudah selesai main... kan waktu Ashar masih lama...

Langit sudah mulai menggelap...
Matahari sebentar lagi tenggelam...
Tapi aku dan teman-temanku belum juga selesai bermain,
nanggung, lagi seru... kita belum puas bermain...

Tapi langit semakin gelap, hari akan beranjak malam...
terpaksa kita pulang... tak jarang beberapa orang tua kita harus menjemput untuk "memaksa" kita pulang...
sampailah aku di rumah, saat hari menjelang malam...
sholat Ashar aku di penghujung waktu... yang penting sholat :p

Anak-anak kecil mulai berangkat ke mushola...
kita mengaji setelah Maghrib...
waktu Maghrib paling gampang buat sholat...
ngga ada godaan... semua orang lagi ngga beraktivitas...
kita bisa sholat tepat waktu...
Berangkat ke tempat ngaji punya kesenangan tersendiri...
kita ketemu teman-teman lagi...
asyik...bisa bermain :p ngaji sambil bermain :p

Kita biasa pulang sebelum Isya...
kalau nunggu Isya kemalaman...
jadi ya sholat Isya di rumah aja...

begitu sampai di rumah...
kita biasa menonton televisi... wah senang, "kotak ajaib", menghibur banget...
betah kita berlama-lama di nongkrongin televisi...
sholat Isya ntar-ntaran, Isya kan paling lama waktunya...
nanti ya Allah, aku sholat kalau udah mau tidur...

Acara di televisi sudah selesai...
aku pun sudah mengantuk...
orang tuaku mengingatkan untuk sholat Isya...
udah ngantuk banget nih...
meskipun masih harus ke kamar mandi juga, karena aku harus gosok gigi & cuci tangan & kaki sebelum tidur...
masih harus wudhu juga ya? malas... pengen langsung tidur habis ini...
dengan terpaksa wudhu juga...
kembali ke kamar... kasur terlihat begitu menggoda...
tapi masih harus sholat...
ya udahlah sholat dulu, paling ngga sampai 5 menit... yang penting sholat!

Aku masih menikmati tidur, saat aku dengar adzan Subuh...
waktunya bangun... ngga susah sih buat bangun...
tapi harus wudhu di sepagi ini... dingin...
tapi mau ngga mau harus aku lakukan juga... harus sholat Subuh

Aku mulai hari ini...
berangkat ke sekolah... kadang agak malas...
tapi begitu ingat kalau akan ketemu teman-teman dan permainan yang bisa kita lakukan waktu istirahat cukup memberikan semangat :p
Akhirnya selesai juga pelajaran hari itu...
asyik!! pulang sekolah, lalu main dengan teman-teman!
kita sudah merencanakan permainan yang akan kita lakukan siang nanti...
kalau saja dibolehkan, kita lebih senang kalau sepulang sekolah bisa langsung main...
tapi orang tua kita menyuruh kita untuk pulang dulu ke rumah,
ganti baju, makan siang, dan sholat Dzuhur!
mau ngga mau harus dituruti juga...
cepat-cepat ganti baju, makan juga secepatnya, dan sholat secepat mungkin...
kalau ada yang negur sholatnya cepat sekali...
aku jawab : ya cepat, kan bacaa'an do'anya sudah hafal, jadi cepat...
gimana ngga hafal, 5 kali sehari diulang-ulang...

Itulah hari-hari masa kecilku...
sholat-sholatku?
Subuh... kurasakan yang paling berat ambil wudhu saat udara masih dingin...
Dzuhur... aku lagi mau berangkat main, tak sabar segera main dengan teman-teman
Ashar... wah lagi seru-serunya main... ngga asyik kalau dihentikan buat sholat walaupun sholat ngga lama...
jadi sholat Ashar-ku lebih sering di penghujung waktu, tak jarang lewat begitu saja
Maghrib... ngga ada godaan, dan kita asyik-asyik aja, apalagi biasanya sholatnya berjama'ah, dan setelah itu ngumpul sama teman-teman
Isya... udah ngantuk! kenapa harus sholat dulu? kalau sudah ngga tahan ya langsung tidur!
main & dunia permainan yang paling menyenangkan & membahagiakanku
main... ngumpul ma teman-teman... bersenang-senang, main, dan main!

Aku beranjak remaja...
Sibuk dengan sekolahku dan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler dan les...
mengejar cita-cita!
mulai hidup jauh dari keluarga...
sholat-sholatku?
Subuh... ngga seberat dulu... wudhu di pagi hari juga menyegarkan!
Dzuhur... wah mepet nih... pulang sekolah, makan siang, dan siap-siap beraktivitas lain... ekstra kurikuler, melakukan ini, melakuakan itu...
Ashar... lumayan longgar, tapi biasanya lagi asyik jalan...
Maghrib... sudah sampai... ngga terlalu banyak kendala
Isya... biasanya jadi penutup malam... setelah semua aktivitas selesai...
pas, gosok gigi, cuci tangan & kaki, wudhu... tidurnya jadi nyaman...
Hidup jauh dari keluarga, ngga ada yang ngingetin buat sholat lagi, jadi ya harus mengingatkan diri sendiri...

Kita mulai beranjak dewasa...
dewasa muda... mulai menemukan jati diri kita, kita mencari tahu apa yang kita butuhkan,
kemana kita akan mengarahkan diri-diri kita, kita harus lebih aktif memenuhi kebutuhan diri kita,
kita semakin "dilepas", belajar bergerak sendiri
"melihat realita", mempersiapkan diri untuk "berdiri di atas kaki sendiri",
mempersiapkan diri untuk "menjalani kehidupan di dunia nyata"
Sholat... kadang ngga mudah untuk menjaga sholat 5 waktu kita, sholat pada waktunya...
waktu terasa sempit, di antara padatnya jawal-jadwal kita...
Sholat-lah aku dengan begitu cepatnya, di antara aktivitas-aktivitasku,
yang penting sholat! seadanya, sekedarnya... yang penting gugur sudah kewajiban sholat...
ya... melaksanakan sholat tak jarang hanya sekedar menggugurkan kewajiban

Allah...
ternyata aku sering ya mengulur-ulur waktu memenuhi panggilan-MU...
dan saat penuhi panggilan-MU, aku melakukannya dengan secepat mungkin... seadanya, sekedarnya...
sebagai penggugur kewajibanku...
tapi ada kalanya aku memperhatikan sholatku...
saat aku merasa begitu membutuhkanmu,
saat aku memohon pada-Mu untuk mengabulkan permintaanku,
saat-saat itu, aku berusaha melakukan sholat dengan sebaik-baiknya, sebaik yang aku bisa...

Allah...
aku ingin menikmati sholat-sholatku...
aku ingin melakukan sholat sebaik-baiknya...
sholat yang khusyu... khusyu hatinya...
sholat yang tumaninah... dilakukan dengan tenang...

Allah...
aku baru mengetahui...
kalau Nabi Muhammad paling mencintai sholat...
sholat penyejuk hatinya...
Allah aku ingin seperti beliau...
yang sholat menjadi penyejuk hatinya, penenang hatinya

Allah...
aku juga baru mengetahui...
kalau hal pertama yang akan Engkau lihat pada kami adalah sholat kami...
kalau sholat kami baik, maka akan baik sesudahnya...
kalau sholat kamu buruk, maka akan berat sesudahnya...

Allah...
salah satu tanda mencintai-Mu...
adalah dengan banyak mengingat-MU... dzikrullah...
ternyata sholat juga dzikrullah...
sholat adalah munajat/do'a...
dalam sholat berisi begitu banyak permohonan yang sedang kami panjatkan...
tapi aku belum memahami makna-makna do'a yang aku panjatkan...
maka do'a-do'a itu tak lebih dari sekedar ucapan hafalan...

Allah bantu aku ya...
untuk memperbaiki sholatku...
untuk menikmati sholat-sholatku
untuk senantiasa merindukan sholat... mengingat-Mu... bermunajat pada-Mu...

Allah jauhkan aku dari melalaikan sholat...
lalai dari melaksanakannya...
atau aku melaksanakannya, tapi aku lalai waktunya (mengulur-ulurnya)...
atau aku melaksanakannya tapi hatiku entah kemana...

Allah... bantu aku untuk mewujudkan peribadahanku pada-MU...
hanya kepada Engkau kami beribadah, hanya kepada Engkau kami mohon pertolongan
( Iyyaa-ka na'budu, wa iyyaa-ka nasta'iin )



Ayat-ayat Al-Qur’an seputar sholat :

Allah ta’ala berfirman :
“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada ilah (Tuhan, yang berhak diibadahi dengan benar) selain Aku, maka beribadahlah kepada-KU dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku.”
( QS. Thohaa (20) : 14 )

“Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan dirikanlah sholat.
Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji & mungkar.
Dan ketahuilah mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain).

Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
( QS. Al-Ankabut (29) : 45 )

“…Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”
( QS. An-Nisaa (4) : 13 )

“Katakanlah (Muhammad) kepada hamba-hamba-KU yang telah beriman, ‘Hendaklah mereka mendirikan sholat.’”
( QS. Ibrohim ( 14) : 31 )



Hadits-hadits seputar sholat :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“Pokok segala urusan adalah Islam, tiangnya adalah sholat, dan puncaknya adalah jihad (berjuang) di jalan Allah…”
( HR. Ahmad, derajat hadits : shohih )

“Perkara yang pertama kali dihisab (dihitung) dari seorang hamba pada hari Kiamat adalah sholat. Apabila sholatnya baik, maka seluruh amalnya pun baik. Apabila sholatnya buruk, maka seluruh amalnya pun buruk.”
( HR. Thobroni, derajat hadits : shohih )

“Perjanjian antara kita dengan mereka adalah sholat. Barangsiapa meninggalkannya, maka ia telah kafir.”
( HR. Ibnu Majah, At-Tirmidzi, An-Nasa-I, derajat hadits : shohih)
* maksudnya :
orang yang mengingkari wajibnya (menganggap sholat tidaklah wajib) sholat maka ia terhitung kafir,
sedangkan jika orang yang mengakui wajibnya sholat tapi tidak melaksanakannya karena enggan (malas) maka ia tidak kafir

“Antara seorang hamba dengan kekufuran dan iman adalah sholat. Apabila ia meninggalkan sholat maka ia telah berbuat syirik.”
( HR. Ath-Thobari, derajat hadits : shohih )
kufur dalam hadits di atas adalah kufur kecil yang tidak mengeluarkan dari Islam

“Luruskanlah dan mendekatlah, beramallah dan pilihlah. Dan ketahuilah sebaik-baik amal kalian adalah sholat. Dan tidaklah menjaga wudhu’, melainkan seorang mukmin.”
( HR. Ahamd, derajat hadits : shohih )

“Amalan apakah yang paling dicintai Allah?”
Rasulullah menjawab : “Mengerjakan sholat pada waktunya.”
“Kemudian apa?”
Rasulullah menjawab : “Kemudia berbakti kepada kedua orang tua.”
“Kemudian apa?”
Rasulullah menjawab : “Kemudia jihad (berjuang) di jalan Allah.”
( HR. Bukhori & Muslim )

“Perumpamaan sholat 5 waktu itu seperti sungai yang mengalir & penuh air di depan pintu salah seorang di antara kalian. Dia selalu mandi di sungai itu 5 kali sehari.”
( HR. Muslim )
maksudnya : saat kita mengerjakan sholat laksana mandi di sungai tersebut, sebagaimana mandi menghilangkan kotoran pada badan, sholat menghilangkan kotoran pada jiwa

“Sholat 5 waktu, hari Jum’at ke Jum’at berikutnya, dan bulan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya dapat menghapuskan berbagai kesalahan (dosa kecil) yang terjadi di antara semuanya jika ia menjauhi dosa-dosa besar.”
( HR. Muslim )

Nasihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada sahabatnya Tsauban :
“Engkau harus memperbanyak bersujud (sholat). Sesungguhnya engkau tidak bersujud sekali saja kepada Allah, kecuali dengan sujud itu Allah akan mengangkatmu satu derajat dan menghapuskan satu kesalahan darimu.”
( HR. Muslim )

No comments: